Sabtu, 23 April 2016

Jasa Kebajikan dan Manfaat Bervegetarian

Jasa Kebajikan dan Manfaat Bervegetarian

Praktisi senior jaman dulu berkata : “Bila ingin mengetahui asal muasal kalpa pembunuhan dan peperangan di dunia ini, maka dengarlah jeritan suara tengah malam di rumah jagal”. Manusia setiap bertemu dengan bencana dan musibah, selalu merasa tidak adil, menyalahkan Langit dan orang lain, bukannya merenungi sebabnya. Seharusnya memahami bahwa ada akibat pasti ada sebabnya, menanam benih karma baik maka buah akibatnya juga baik, menanam benih karma buruk maka pasti mendatangkan balasan yang buruk pula, bukan tidak ada balasannya, hanya saja waktunya belum tiba, ini adalah kebenaran.

Dari semua karma buruk tersebut, tiada yang lebih parah daripada karma pembunuhan. Manusia dan seluruh makhluk hidup memiliki nyawa, maka itu mengapa bisa begitu tega membunuh nyawa makhluk hidup lainnya, hanya untuk memenuhi nafsu makan di mulut, sehingga makhluk hidup lainnya jadi menderita, menjalin permusuhan.  

Maka itu darah dan dagingnya mengandung racun, manusia yang memakan daging ini, dengan sendirinya akan terserang penyakit, bahkan menjadi saling membalas dendam dari satu masa kehidupan ke masa kehidupan berikutnya, tiada usainya, buah akibatnya semakin bertambah berat dari satu kehidupan demi kehidupan selanjutnya. Maka itu dengan mengamati beratnya karma pembunuhan yang dilakukan oleh manusia, sehingga mengundang balasan “Tubuh banyak penyakit, usia pendek”, buah karma yang diterima pada kelahiran berikutnya, lebih tidak berani dibayangkan.  

Maka itu, tidak hanya Ajaran Buddha yang menggalakkan vegetarian, para pengikut ajaran lainnya, termasuk kalangan masyarakat luas, juga mengetahui bahwa vegetarian bermanfaat bagi jiwa dan raga. Vegetarian bukan hanya dapat memelihara kesehatan, usia panjang; namun juga dapat “membina hati”, mengembangkan hati maitri karuna diri sendiri; juga dapat mengembangkan sifat luhur seseorang.

Maka itu di dalam Ajaran Buddha ada yang disebut dengan “Abhaya Dana”, di dalam Abhaya Dana, bervegetarian merupakan yang paling sempurna. Bervegetarian bukan hanya tidak membunuh, bahkan tidak makan daging makhluk hidup, tidak menjalin permusuhan dengannya, pada masa kehidupan sekarang pasti memperoleh kesehatan dan usia panjang, takkan bersua dengan buah akibat kalpa pembunuhan dan peperangan, dalam melatih diri juga selamat sampai di tujuan. 

Maka itu “Abhidharma-mahavibhasa-sastra” menyebutkan bahwa apabila dalam sehari semalam tidak melakukan karma pembunuhan, maka pada masa kehidupan mendatang, takkan bertemu dengan musibah pembunuhan dan peperangan. Dapat dilihat bahwa jasa kebajikan dari sehari semalam tersebut adalah sebegitu unggulnya, apalagi dapat membangkitkan niat untuk bervegetarian selamanya, manfaat yang diperolehnya adalah tak terbayangkan!

Master Yin Guang mengatakan bahwa : “Melafal Amituofo dan bervegetarian adalah landasan untuk melindungi negara dan meredakan bencana”. Segala bencana merupakan akibat perbuatan manusia, andaikata setiap insan dapat melafal Amituofo, maka karma ini dapat berubah. Andaikata ada sebagian kecil praktisi yang melafal Amituofo, juga dapat meringankan bencana tersebut. Meskipun Pintu Dharma Pelafalan Amituofo adalah bertujuan terlahir ke Alam Sukhavati, mengakhiri roda samsara, tetapi kekuatannya dalam mengeliminasi rintangan karma, adalah sedemikian besarnya, hal ini tidak boleh tidak diketahui.
  
Lalu bagi setiap praktisi Ajaran Buddha ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni ”tidak boleh makan daging”, oleh karena makan daging meningkatkan kesempatan pembunuhan. Andaikata pada masa kehidupan sekarang kita memakannya, maka pada masa kelahiran mendatang gantian dia yang makan diri kita, setiap kelahiran demi kelahiran saling balas dendam, kapan baru bisa berakhir?

Bila setiap orang dapat bervegetarian, maka dapat mengembangkan hati maitri karuna dan menghindari kesempatan pembunuhan, kalau bukan demikian, maka meskipun melafal Amituofo, tetapi kerakusan pada nafsu makan di mulut masih belum dihentikan, meskipun bisa memperoleh manfaat dari belajar Ajaran Buddha, namun untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah jauh dari harapan!  

Tahun depan adalah peringatan 10 tahun wafatnya Pengurus Han, para anggota Sangha yang berada di “Pure Land Learning College Association”, untuk mengenang budi jasa beliau yang telah menjaga dan memberi dukungan, sehingga menerbitkan buku resep masakan “Lian Hai Zhen Wei”, untuk dipersembahkan kepada orang banyak, semoga semua orang bisa memperoleh manfaatnya.

Ketrampilan belajar kami masih dangkal, topik tentang buah akibat dari karma pembunuhan dan manfaat bervegetarian, dijelaskan secara sederhana saja, apabila ada yang tidak sempurna, semoga para praktisi senior dapat memaklumi dan memberi petunjuk serta bimbingan.

Akhir kata, semoga dengan petikan sutra, sastra dan ceramah guru sesepuh, semoga semua insan dapat menumbuhkan keyakinan hati, membangkitkan keyakinan mendalam tanpa ragu, menerima dan mengamalkan ajaran, memutuskan kejahatan dan menimbun kebajikan, bervegetarian melafal Amituofo, dengan demikian setiap praktisi pasti dapat memperoleh manfaat yang sesungguhnya, pada kelahiran ini juga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.


Australia, 16 November 2006
Venerable Shi Xin-yue
menyampaikan salam hormat di
Pure Land Learning College Association

  

序二 素食的功德利益

   古德云:「欲知世上刀兵劫,但聽屠門夜半聲」。世人每遇天災人禍,往往心中忿恨不平、怨天尤人,而不深究其理。應知有果必有因,種善因得善果,造惡因必定感召惡報,不是不報,時辰未到,此乃真理也。

   然而一切罪業當中,莫過於殺害生靈。人類與一切動物同屬含靈,何忍殺其性命,以充自己口腹,使得生靈慘遭痛苦,怨結於心?於是血液中產生毒素,人類食之自然得病,並且形成冤冤相報沒完沒了,果報一世比一世嚴重。所以靜觀世人殺業重者,莫不感召現世「身常多病,壽命短促」之報,來生果報更不堪設想。

   因此,不僅是佛門提倡素食,其他宗教修行者,甚至於社會上許多人,都曉得素食確實對於身心有益處。素食不但能「養身」,使身體健康、長壽;還能「養心」,長養自己慈悲之心;又能「養性」,培養善良的性情。所以佛法中有所謂「無畏布施」,在無畏布施裡,以素食最為圓滿。素食不但是不殺生,而且不吃眾生肉,與眾生就不結冤結,現世必得健康長壽、不遇刀兵的果報,菩提道上也能一帆風順。

   所以《婆沙論》云:「若一日一夜持不殺戒,當於來世中,決不遇刀兵災」。可見得,一日一夜功德利益就如此殊勝,更何況發心長素之人,所得利益更不可思議!近代高僧印光老法師也曾於「上海護 國息災法會」中說道:「念佛吃素為護國息災之根本」。蓋殺劫及一 切災難,皆為一切眾生惡業之所感召,如果人人能念佛,則此定業即 可轉變。如能有少數人念佛,亦可減輕。念佛法門雖然為求生淨土、 了脫生死而設,但其消除業障之力,實亦極其巨大,不可不知。    

且凡學佛人有一必須注意之事,即「切戒食肉」,因食肉能增長 殺機。如果今世我們吃牠,來世牠又吃我們,冤冤相報,何時能了? 果能人人茹素,則可培養慈悲心,而避免殺機,否則縱然能念佛,仍 然貪圖口腹之欲,雖能得學佛之利益,但往生西方淨土成佛作祖之願 則遠矣!    

明年為韓故館長生西十周年,學院法師們為感念館長昔日的照 顧、護持之恩,出版《蓮海真味》一書,以供養大眾,祈望學人陳述 其利益。學人才疏學淺,僅將殺生所感召業因果報事實真相,與素食 所得利益,淺而說出,必有不圓滿之處,祈望大德見諒與指導。末後 以經論與祖師之開示,願增長大眾的信心,深信不疑、依教奉行、斷 惡修善、吃素念佛,必定人人都能得佛法真實利益,都能於此生往生 佛國、蓮登九品。

淨業學人 釋心月
敬識於澳洲淨宗學院

西元二○○六年十一月十六日