Sabtu, 23 April 2016

Kata Pengantar

Kata Pengantar

Memasuki abad ke-21, slogan “Makan daging terlalu banyak merusak kesehatan dan ekologi bumi, perbanyak makan sayuran tubuh jadi sehat”, perlahan telah menjadi kesepakatan bersama seluruh umat manusia di dunia ini, bukan hanya Negara Inggeris, Amerika, Jerman dan sebagainya, memiliki popularitas vegetarian yang kian hari kian bertambah, bahkan Organisasi Kesehatan Dunia PBB menyerukan agar manusia di dunia ini memilih pola makan vegetarian.   

Memperkenalkan buku resep masakan vegetarian, kegiatan ini kian lama kian berkembang, buku-buku ini selain memperkenalkan masakan vegetarian, juga menjelaskan manfaat, kandungan gizi dan sebagainya, bagi mereka yang berniat memilih pola makan vegetarian, yang tidak tahu harus memulainya dari mana, maka buku ini merupakan bahan pertimbangan yang amat bagus.  

Pengurus Han (Upasika Han Ying) semasa hidupnya memiliki ketrampilan memasak, beberapa upacara besar yang diadakan oleh Pure Land Learning Society, menu makanan dan minuman yang dihidangkan adalah berasal dari bimbingan beliau, banyak para umat peserta upacara kebaktian yang hadir saat itu, terhadap hidangan makanan dan minuman, meninggalkan kenangan yang indah.  

Pengurus Han memasak dengan bumbu yang cukup sederhana, namun tetap menjaga prinsip kandungan gizinya, kelezatannya dan mudah dicerna. Dengan prinsip ini menggalakkan pola makan vegetarian, sehingga banyak orang jadi memahami bahwa bervegetarian itu tidaklah sulit, membuat masakan vegetarian juga tidak sulit, vegetarian sesungguhnya merupakan sebuah kenikmatan seni hidup, bervegetarian bukan hanya sehat dan bergizi, juga bisa menikmati hidangan yang wangi, lezat dan mengenyangkan.

Demi melestarian pusaka kebijaksanaan yang beliau wariskan, tahun ini (2006), yang juga merupakan peringatan 10 tahun terlahirnya Pengurus Han ke Alam Sukhavati, para pelajar “Pure Land Learning College Association” menyusun resep-resep masakan yang diwariskan oleh Pengurus Han menjadi sebuah buku, juga dilengkapi dengan gambar-gambar berwarna dan menjadi buku yang berjudul “Lian Hai Zhen Wei”. Semoga semuanya dapat bervegetarian dengan sehat, panjang umur, bahagia, benar-benar menikmati cita rasa telaga teratai.

Australia, 20 November 2006
Pelajar “Pure Land Learning College Association”


  

推薦序

邁向二十一世紀,「吃肉過量危害健康及地球生態、多吃素身體好」已經逐漸成為全人類的共識,不僅英、美、德等國有愈來愈多的人吃素,包括聯合國世界衛生組織也呼籲世人盡量棄肉茹素。

介紹素食的書籍,也如雨後春筍般愈來愈多,這些書籍對於素食的介紹、烹飪、益處、營養等等都有詳盡的說明,對於有心吃素,又不知從何下手的人,提供了非常豐富的參考資料。

韓館長生前廚藝精湛,淨宗學會多次重大的法會所提供的飲食,都是由她老人家親自指導,許多參加過法會的同修,對當時的素食,都留下口齒生津的美好回憶。館長她老人家做菜以材料簡單、營養、美觀、可口、易消化為原則,以此原則推廣素食,讓更多人了解吃素其實並不難,做素食也不難,素食其實是一種生活藝術的享受,吃素不僅健康營養,也可享受色香味俱全的美味大餐。

為避免她老人家這份智慧珍寶,悲智等運的心意淹沒不彰,今年正值韓館長生西十周年紀念,淨宗學院學子特地將館長留下的食譜整理成冊,並配以彩色圖片編成這本《蓮海真味》,以饗大眾。願大家都能吃得健康、長壽、幸福,真正享受蓮海真味。

淨宗學院淨業學人 敬識

二○○六年十一月二十日