Kamis, 12 Mei 2016

Sushi Rumput Laut



Sushi Rumput Laut

Bahan :
Bayam
Wortel
Acar Lobak Kuning Jepang
Ham Vegetarian
Abon Vegetarian
Lembaran Rumput Laut
Nasi putih (2 gelas sedang)

Bumbu :
Cuka Sushi (Sushi Vinegar)………….100 cc
Gula………………………………..2 sdm
Garam………………….......………..sedikit

Cara Membuat :
1. Cuka Sushi, gula, garam, dicampur dan diaduk lalu dimasak hingga mendidih, cicipi sejenak rasanya, harus mirip dengan jus semboi yang ada rasa asam manisnya, inilah yang dimaksud dengan Cuka Sushi.
2. Selagi nasi masih hangat, segera tuangkan saus sushi yang dicampur tadi, aduk rata, tutup dan rebus selama 15 menit; sehingga nasi meresap bumbunya, barulah tutupnya boleh diangkat.
3. Bayam dicuci bersih lalu rendam dalam air mendidih sampai matang, lalu angkat dan tiris, akan digunakan nanti; acar lobak kuning, ham vegetarian dipotong memanjang dengan tebal 1 cm; wortel dikupas kulitnya dan dipotong memanjang dengan tebal 1 cm, serupa dengan bayam, direndam dalam air mendidih hingga matang.
4. Lembaran rumput laut dihamparkan, sisakan tempat kosong 2 cm yang tidak diolesi nasi, selebihnya diolesi selapis nasi sushi, taburkan dulu abon vegetarian di tengahnya, lalu susun semua bahan sesuai dengan urutannya, gulung mulai dari sisi yang sudah diolesi nasi; saat ini harus agak kuat menekan dan menggulung ke atas. Setelah selesai digulung, di tempat yang dikosongkan 2 cm tadi, lekatkan beberapa butir nasi, sehingga gulungan sushi dapat terbungkus dan melekat dengan kuat dan kokoh. Lalu dipotong jadi irisan dan juga boleh dihidangkan bersama wasabi atau kecap. 

Catatan :
Boleh menggunakan alas bambu untuk menggulung lembaran sushi rumput laut, dengan demikian akan lebih gampang, juga boleh menuruti ketrampilan tangan perorangan; yang pasti gulungan nasi sushi harus kuat dan kokoh, kalau tidak demikian, waktu hendak dipotong jadi irisan, isinya akan lepas semuanya.

Sumber
~蓮海真味~

Catatan tambahan :
1 gelas sedang = 2 mangkok nasi putih
(1中杯思樂冰等於兩碗)


Video Cara Menggulung Sushi :



 
Acar Lobak kuning Jepang perbatang


irisan Acar Lobak Kuning Jepang



Cuka Sushi


Lembaran Rumput Laut



材料:
菠菜、
紅蘿蔔、
日式醃黃蘿蔔、
素火腿、
素肉鬆、
海苔片、
白飯 (2中杯)

調味料:
壽司醋(100cc)
(2大匙)
(少許)

作法步驟:
1.壽司醋、糖、鹽三樣混合一起煮開,試一下味道,要像酸梅汁一樣有 酸甜的口味即是壽司醋。
2.要趁白飯還溫熱時,就要倒入調味好的壽司醋拌勻,蓋起鍋蓋燜約15 分鐘;使白飯入味才可掀開飯鍋蓋。
3.菠菜洗淨放入滾水中川燙至熟後,撈出擠乾水份備用;醃黃蘿蔔、素 火腿切成1公分厚的條狀;紅蘿蔔去皮切成1公分厚的條狀後同菠菜一 樣燙熟。
4.將海苔片放平,保留2公分寬度不鋪飯,其餘均鋪上一層壽司飯,先將 素肉鬆灑在中間的位置,接著依序放入並疊好所有的材料,由鋪飯的 一頭開始捲起;此時要用力紮實的往上捲。捲好後,在保留的2公分海 苔上放幾粒飯粒,使易於將壽司捲包黏固定,即可切片或與芥末醬油 一起食用。

備註:可用竹簾卷捲海苔壽司較為方便,也可以隨個人的手法;但壽司 飯一定要捲緊,否則在切片時就會全部散開。

文摘恭錄 :
~蓮海真味~