Jumat, 20 Mei 2016

Tips Menggunakan Oven untuk Memanggang Kue



Tips Menggunakan Oven untuk Memanggang Kue

Mungkin Anda berpikir bahwa cara membuat kue yang benar hanya bergantung pada takaran bahan baku dan teknik membuat adonan. Namun, tahukah Anda bahwa cara membuat kue yang benar juga tergantung pada penggunaan oven?

Proses pemanggangan dalam oven memang menjadi sentuhan akhir yang menentukan keberhasilan kue Anda. Para pemula yang baru belajar membuat kue tentu sering dikejutkan dengan kue yang gosong atau tidak mengembang ketika dipanggang. Agar kegagalan-kegagalan tersebut tidak lagi Anda alami, alangkah baiknya bila Anda menyimak beberapa tips mengenai penggunaan oven berikut ini.

Hindari membuka oven untuk mengecek kue
Sebaiknya Anda tidak membuka-buka oven ketika adonan kue Anda belum mengembang sempurna. Membuka oven saat adonan belum mengembang akan membuat suhu dalam oven turun drastis sehingga kue buatan Anda akan menjadi bantat dan bertekstur keras.

Panaskan oven sebelum mulai memanggang
Poin dalam cara membuat kue yang satu ini harus sudah dipahami oleh semua orang yang hendak membuat kue. Sebelum Anda mulai memanggang kue, panaskan dulu oven hingga mencapai suhu 200 derajat Celcius. Saat Anda mulai melakukan pemanggangan, turunkan sedikit suhu oven menjadi 180 derajat Celcius.

Pahami kunci penggunaan oven konvensional
Bila Anda menggunakan oven konvensional (oven tangkring), pilihlah oven dengan wadah penempatan arang di bagian atas oven tersebut. Menggunakan arang panas di bagian atas oven penting untuk menjaga kestabilan suhu oven dari bagian bawah maupun atas, apalagi ketika membuat beberapa kue yang membutuhkan panas stabil seperti kue lapis legit. Gunakanlah arang berkualitas yang mampu menciptakan panas yang stabil dan tidak banyak menghasilkan sisa pembakaran.

Jauhkan adonan kue dari oven yang sedang dipanaskan
Jangan meletakkan adonan kue Anda di dekat oven yang sedang dipanaskan. Hal ini harus diperhatikan agar adonan Anda tak meleleh sebelum dipanggang. Adonan yang terlanjur meleleh tidak dapat mengembang sempurna dan akan menghasilkan kue yang bantat.

Cara membuat kue juga memerlukan ketelitian dalam menggunakan dan mengatur suhu oven. Anda tak perlu menggunakan oven listrik yang mahal agar mahir membuat kue. Ketekunan dan ketelitian akan membantu Anda membuat aneka kue yang lezat dan cantik. Setelah Anda terbiasa menggunakan dan mengatur suhu oven, Anda akan lebih mahir ketika memanggang kue. Jadi, jangan pernah bosan untuk mempelajari beragam cara membuat kue yang baik dan benar, ya.

Sumber :
http://www.bungasari.com/flour_power/tips_and_technique_detail/234/Tips-Menggunakan-Oven-untuk-Memanggang-Kue