Sabtu, 23 April 2016

Memberi Persembahan Dengan Segenap Hati


Memberi Persembahan Dengan Segenap Hati
(Pengalaman dari Seni Kuliner )

Meskipun buku resep memasak ada beragam jenis, setiap piring hidangannya memiliki rasa yang tak terhingga, namun untuk memasak sebuah hidangan yang sesuai selera, selain seni memasak maka harus dilakukan dengan segenap hati.

Tak perlu begitu berperhitungan dalam takaran bahan, cara membuat, bumbunya, bila terlalu kaku malah akan mengikat, namun dengan ketulusan dan suka cita dalam memberi persembahan untuk memasak, maka hasilnya akan sesuai dengan selera.

Saat memasak, janganlah memikirkan saya suka makan apa, tetapi apa yang suka dimakan oleh orang banyak. Kombinasi warna dalam sebuah hidangan juga harus diperhatikan keserasiannya, dan setiap bahan dalam sebuah hidangan tidak boleh lebih dari empat jenis, agar tidak terlalu sulit membuatnya. Maka itu selain mempersembahkan hidangan yang sesuai dengan selera juga harus diperhatikan kandungan gizinya.

Saat menumis jahe boleh tambahkan sedikit garam agar rasanya lebih kental. Saat menumis sayur, haruslah dengan api besar dan cepat, dengan demikian hasil tumis akan renyah dan hijau. Jika sayur yang akan ditumis itu keras, maka irislah lebih halus, lalu rebus sejenak, tapi ingat jangan direbus terlalu lama, karena mudah jadi kuning. Inilah sekilas pengalaman kami yang hendak dibagi dengan anda semuanya.

  

用心去供養─烹飪藝術心得

  烹飪的食譜雖有千百種,盤盤菜香無量無邊,但如何煮出色香味俱佳的美味佳餚,除了技術之外,「用心」更是最主要的關鍵。
  
不需要在材料、做法、調味料上斤斤計較,太過拘泥,反而綁手綁腳。但以真誠、歡喜供養的心去煮,煮出來一定美味可口。

  煮菜的時候,不要想我喜歡吃什麼,但要想大眾喜歡吃什麼。配菜時,各色蔬菜要均衡分配,不可每道菜都差不多,而每道菜餚的配碼材料最多不超過四樣,以免太雜。因此除了要煮出讓人垂涎三尺的佳餚之外,更重要的是營養分配必須均衡。


  薑爆香時,加一點鹽,會使香味更濃。炒青菜時,一定用大火快炒,如此炒出之蔬菜又脆又綠。如果所用蔬菜較硬,可切細一些,再稍微燜一下,但切記,千萬不可久燜,否則容易變黃。奉獻小小心得與諸位讀者分享。