Jumat, 29 April 2016

Membuat Sendiri Bok Choy Asam



Membuat Sendiri Bok Choy Asam

Bahan :
Bok Choy………….1 buah
Toples kaca ukuran besar…………1 buah

Bumbu :
Garam……....2 sdm
Air…………..10 gelas

Cara Membuat :
1.Bok Choy dicuci bersih, belah jadi empat bagian.
2.Masukkan 10 gelas air ke dalam panci berukuran besar dan rebus sampai mendidih, rendam Bok Choy ke dalam air mendidih sebentar saja, segera angkat keluar, jangan sampai masak. 
3. Setelah diangkat keluar, biarkan Bok Choy dingin. Air rendaman Bok Choy tadi juga dibiarkan dingin, akan digunakan nanti.  
4. Toples kaca ukuran besar dicuci bersih dan dilap kering, lumuri kedua sisi Bok Choy dengan sedikit garam (garam tidak boleh terlalu banyak), masukkan Bok Choy ke dalam toples, masukkan air rendaman yang telah dingin tadi ke dalam toples, hingga merendam keseluruhan Bok Choy, tutup toples dengan rapat, taruh di tempat yang teduh, setelah 3 atau 4 hari kemudian, coba cicipi apakah kadar masamnya sudah cukup (Tinggi rendahnya suhu kamar juga mempengaruhi kecepatan pematangan). Kalau kadar asamnya sudah cukup maka boleh menyimpannya di kulkas.       

Catatan :
Dalam mengasinkan Bok Choy, harus diingat bahwa tidak boleh menaburkan terlampau banyak garam, kalau tidak demikian, maka Bok Choy takkan bisa berubah jadi asam. Kadar masam boleh mengikuti selera perorangan, setelah kadar masamnya sudah cukup maka boleh menyimpannya di kulkas; apabila kadar masamnya masih belum terasa cukup, maka boleh menaruhnya beberapa hari lagi pada suhu kamar, agar Bok Choy melanjutkan mengeluarkan zat asamnya. 
  
Sumber
~蓮海真味~





材料:
大白菜(1)
大型玻璃罐或是瓦甕1

調味料:
(2大匙)
(10)

作法步驟:
1.白菜洗淨,縱向對剖成四半。
2.大湯鍋裡加10杯水煮開,放入白菜略為川燙(過一下滾水即可撈起,切 勿煮熟)
3.白菜撈出,待涼;湯鍋中的水放涼備用。
4.容器洗淨擦乾,將白菜兩面灑上鹽少許,(鹽不能過多)放入容器中, 將放涼的開水少量注入容器內,淹過白菜,密封蓋緊保存在蔭涼處, 34天之後查看是否夠酸度(視室溫高低來決定熟成速度)。酸度夠了 即可放入冰箱保存。

備註:醃製大白菜,切記不可灑上太多鹽,否則無法變酸。白菜的酸度 可依個人的口味而定,夠酸即可放入冰箱保存;如果酸度不夠可以在室 溫下多放幾天,讓白菜繼續發酸。

文摘恭錄 :
~蓮海真味~